Rabu, 24 Oktober 2012

kesehatan


Berikut cara menghilangkan jerawat secara alami, diantaranya adalah :
1. Cucilah muka 2 kali sehari
Tips menghilangkan jerawat dengan cara cucilah wajah 2 kali sehari. Mencuci muka 2 kali sehari akan berguna untuk menghilangkan minyak yang di permukaan kulit kita. Bila anda tidak rutin membersihkannya, maka bakteri penyebab jerawat akan tumbuh subur di wajah kita. Jangan mencuci muka dengan menggosok wajah secara berlebihan karena akan membuat meningkatkan produksi minyak sobaceous yang bisa menimbulkan masalah kulit pada wajah. Cucilah wajah anda 2 kali sehari dengan menggunakan sabun yang lembut.
2. Gunakanlah kosmetik/make up sesuai dengan jenis kulit anda
Bila kulit wajah anda berminyak pakailah kosmetik untuk kulit yang berminyak, bila kosmetik/make up yang anda gunakan tidak sesuai dengan jenis kulit anda maka jerawat akan segera muncul di kulit wajah anda. Jadi berhati-hatilah dalam menggunakan kosmetik atau make up
3. Hindari kosmetik yang berminyak.
Secara alami wajah akan memproduksi minyak, bahkan kulit kering sekalipun. Jadi hindarilah menggunakan kosmetik yang terlalu over karena minyak dan debu akan membuat media bakteri penyebab jerawat untuk berkumpul di wajah.
4. Keringkan wajah dengan menggunakan handuk yang bersih setelah cuci muka atau mandi, karena bakteri suka dengan ruangan lembab dan hangat.
5. Meminum air putih 2 liter sehari, karena dengan meminum air putih minimal 2 liter sehari dapat bermanfaat kulit kita akan selalu fit dan sehat
6. Memakai Pelembab Kulit
Memakai pelembab akan berfungsi menyehatkan kulit, terutama bagi kulit kering dan pecah-pecah. Namun pelembab yang digunakan bukan pelembab yang berminyak, gunakan kosmetik yang berbahan dasar air.
7. Pastikan selalu kulit wajah anda bersih sebelum tidur agar kulit bergenerasi dengan baik.
8. Rajin mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan
Didalam sayur-sayuran banyak mengandung vitamin yang menyehatkan kulit. Perbanyaklah konsumsi sayur atau buah, terutama buah dan sayur yang mengandung vitamin E. Jika kulit sehat, maka jerawat akan sulit timbul dan berkembang
9. Tidur dengan teratur dan cukup
Kulit juga sama seperti kita, butuh istirahat. Jadi biasakanlah untuk tidur yang cukup dan teratur. Karena pada waktu tidur, kulit akan bergenerasi dan membunuh racun-racun yang berbahaya sehingga saat kita bangun keesokan harinya kulit kita akan kembali fit dan segar.
KESEHATAN
Berikut ini ketujuh cara untuk hidup sehat:
  1. Udara bersih, paru-paru pun sehat

    Hiruplah udara yang bersih dan sehat, maka Anda terhindar dari gangguan pernapasan. Udara pagi adalah sangat baik untuk paru-paru Anda, tanpa repot mencari udara pegunungan. Sempatkanlah diri keluar rumah sebelum berangkat beraktifitas untuk mengatur pernapasan menghirup udara sejuk. Ketika berada di luar, sebisa mungkin menjauhlah dari udara tercemar seperti asap kendaraan atau debu dan asap rokok. Perabot rumah, kipas angin atau AC di rumah dan ruangan kerja Anda juga jangan lupa untuk rutin dibersihkan.
  2. Banyak minum air putih
    Dibanding minuman apapun, air putih lah yang terbaik. Seperti anjuran pada umumnya, per hari minimal minumlah air putih 8-9 gelas. Fungsi ginjal dan saluran kemih pun terbantu kelancarannya dengan meminum air putih. Di siang hari, minumlah air sejuk (bukan air es) dan air hangat di malam hari. Anda juga bisa menambahkan air jeruk lemon atau jeruk nipis. Minuman ini berguna mengeluarkan toksin dari dalam tubuh, selain menyegarkan diri.
  3. Konsumsi menu bergizi dan seimbang
    Pilihlah menu dengan gizi yang cukup, seimbang, dan bervariasi. Tubuh membutuhkan serat, sehingga Anda perlu mengkonsumsi sayuran hijau dan buah yang mengandung banyak serat dan gizi. Makanan olahan dan junk food, sebaiknya Anda hindari. Garam dan gula pun harus dikurangi asupannya. Yang tidak kalah penting adalah sarapan pagi ! Aktifitas sepanjang hari akan ditunjang oleh sarapan pagi sehingga jika Anda mengabaikannya maka tubuh menjadi tidak siap menjalani kegiatan.
  4. Seimbangkan antara kerja, olahraga dan istirahat
    Kerja keras tanpa istirahat sama sekali tidak ada untungnya bagi Anda. Biasakan istirahat teratur 7-8 jam pada malam hari, dan jangan sering begadang atau tidur terlalu malam. Berolahraga tidak harus memakan waktu. Anda bisa berolahraga ringan atau sekedar melemaskan otot persendian di waktu senggang. Untuk kebugaran dan stamina tubuh, berolahraga 2 - 3 kali per minggu, selama 30 - 45 menit, sudah cukup membantu.
  5. Kontrol kerja otak
    Sama seperti tubuh, otak pun perlu istirahat. Beban terlalu banyak yang otak terima akan membuat otak bekerja keras sedangkan waktu isitirahatnya tidak seimbang. Cara menyegarkan otak yang lelah setelah banyak berpikir, bisa Anda lakukan dengan menjalani hobi yang Anda senangi di waktu senggang. Membaca novel, melukis, atau mendengarkan musik akan membuat kerja otak lebih santai.
  6. Jalani hidup secara harmonis
    Jika ingin tetap sehat, manusia sebagai mikrokosmos harus mematuhi alam yang sebagai makrokosmos. Kuncinya adalah gunakan akal sehat. Jangan mengorbankan hidup dengan menuruti kesenangan diri lewat kebiasaan hidup yang buruk dan beresiko. Meminum minum-minuman keras, merokok atau menggunakan obat-obatan terlarang hanya akan menyiksa tubuh Anda. Perkecil resiko terjadinya stres emosional atau psikis dengan menjalani hidup secara harmonis.
  7. Gunakan suplemen gizi
    Suplemen hanya boleh Anda minum jika tubuh memerlukannya. Tetaplah utamakan mengkonsumsi makanan segar dan sehat. Jenis suplemen makanan memang bermanfaat membantu tubuh meningkatkan kesehatan, namun jangan berlebihan. Tubuh kita memerlukan antioksidan (beta-karoten), vitamin C, vitamin E, dan selenium. Anda bisa mendapatkan semua zat itu dalam makanan sehat yang alami dan tidak mahal.
OTAK
10 kebiasaan yang dapat merusak otak :
  1. Tidak sarapan pagi, sehingga kadar gula menjadi rendah
  2. Merokok, kandungan Co dalam rokok dapat menyusutkan otak secara cepat
  3. Mengkonsumsi gula berlebihan, sehingga mengganggu keseimbangan gizi terhadap otak
  4. Terlalu banyak makan
  5. Tidak memekai masker saat berkendara akibatnya kadar polutan yang terhirup menjadi lebih besar
  6. kurang tidur
  7. Tidur dengan menutup kepala
  8. Kurangnya stimulasi pada otak, menyebabkan kurangnya daya ingat dan berfikir menjadi lambat
  9. Memaksakan berfikir terlalu keras ketika sedang sakit
  10. Kurangnya komunikasi menjadikan kemampuan intelektual pada otak kurang terlatih


MAKANAN  UNTUK OTAK
1. Salmon
Ikan berlemak seperti salmon merupakan sumber terbaik asam lemak omega-3 -  DHA and EPA - yang keduanya penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Riset terbaru juga menunjukkan bahwa orang yang memperoleh asupan asam lemak lebih banyak memiliki pikiran lebih tajam dan mencatat hasil memuaskan dalam uji kemampuan. Menurut para ahli  walaupun tuna mengandung asam omega-3, namun ikan ini tidaklah sekaya salmon.

2. Telur

Telur dikenal sebagai sumber penting protein yang relatif murah dan harganya cukup terjangkau. Bagian kuning telur ternyata padat akan kandungan kolin, suatu zat yang dapat membantu perkembangan memori atau daya ingat.

3. Selai kacang

"Kacang tanah (peanut) dan selai kacang merupakan salah satu sumber vitamin E. Vitamin  ini merupakan  antioksidan yang dapat melindungi membran-membran sel saraf. Bersama thiamin, vitamin E membantu otak dan sistem saraf dalam penggunaan glukosa untuk kebutuhan energi.

4. Gandum murni

Otak membutuhkan suplai atau sediaan glukosa dari tubuh yang sifatnya konstan. Gandum murni memiliki kemampuan untuk mendukung kebutuhan tersebut.  Serat yang terkandung dalam gandum murni dapat membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Gandum juga mengandung vitamin B yang berfungsi memelihara kesehatan sistem saraf.

5.  Oat/Oatmeal

Oat merupakan salah satu jenis sereal paling populer di kalangan anak-anak dan kaya akan  nutrisi penting bagi otak. Oat dapat menyediakan energi atau bahan bakar untuk otak yang sangat dibutuhkan anak-anak mengawali aktivitasnya di pagi hari.  Kaya akan kandungan serat, oat akan menjaga otak anak terpenuhi kebutuhannya di sepanjang pagi. Oat juga merupakan sumber  vitamin E, vitamin B, potassium dan seng  -- yang membuat  tubuh dan fungsi otak berfungsi pada kapasitas penuh.

6.  Berry

Strawberry, cherry, blueberriy dan blackberry. Secara umum, semakin kuat warnanya, semakin  banyak nutritisi yang di kandungnya. Berry mengandung antioksidan kadar tinggi, khususnya vitamin C, yang berfaedah mencegah kanker.

Beberapa riset menunjukkan mereka yang mendapatkan ekstrak blueberry dan strawberry mengalami perbaikian dalam fungsi daya ingatnya. Biji dari buah berri ini juga ternyata kaya akan asam lemak  omega-3.

7. Kacang-kacangan

Kacang adalah makanan spesial sebab makanan ini memiliki energi yang berasal dari protein serta karbohidrat kompleks.  Selain itu, kacang kaya akan kandungan serat, vitamin dan mineral.  Kacang juga makanan yang baik untuk otak karena mereka dapat mempertahankan energi  dan kemampuan berpikir anak-anak pada puncaknya pada sore hari jika dikonsumsi saat makan siang.

Menurut hasil penelitian, kacang merah dan kacang pinto mengandung lebih banyak asal lemak omega 3 daripada jenis kacang lainnya  -- khususnya  ALA - jenis asal omega-3 yang penting bagi pertumbuhan dan fungsi otak .

8. Sayuran berwarna

Tomat, ubi jalar merah, labu, wortel, bayam adalah  sayuran yang kaya nutrisi dan sumber antioksidan yang akan membuat sel-sel otak kuat dan sehat.

9. Susu dan Yogurt

Makanan yang berasal dari produk susu mengandung protein dan vitamin B tinggi. Dua jenis nutrisi ini penting bagi pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan enzim.  Susu dan yogurt juga bisa membuat perut kenyang karena kandungan protein dan karbohidratnya sekaligus menjadi sumber energi bagi otak.

Penelitian terbaru mengindikasikan bahwa anak-anak dan remaja membutuhkan lebih banyak vitamin D bahkan 10 kali dari dosis yang direkomendasikan. Vitamin D adalah vitamin yang juga penting bagi sistem saraf otot dan siklus hidup sel-sel manusia secara keseluruhan.

10. Daging sapi tanpa lemak

Zat besi adalah jenis mineral esensial yang akan membantu anak-anak tetap berenergi dan berkonsentrasi di sekolag. Daging sapi tanpa lemak adalah salah atu  sumber makanan yang mengandung banyak  zat besi.  Dengan hanya mengonsumsi 1 ons per hari, maka tubuh Anda akan terbantu dalam penyerapan zat besi darai sumber lainnya.  Daging sapi juga mengandung mineral seng  yang dapat membantu memelihara daya ingat .

Khsusus bagi  yang vegetarian, Anda dapat memanfaatkan kacang hitam dan burger kedelai sebagai  pilihan.  Kacang-kacangan adalah adalah sumber penting  zat besi nonheme -- tipe zat besi yang membutuhkan vitamin C untuk di serap oleh tubuh. Mengonsumsi tomat , jus jeruk, strawberry dan kacang-kacangan  juga dapat dipilih sebagai upaya mencukupi kebutuhan zat besi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar